Kamis, 25 Juli 2013

PEMILIHAN SUMBER PROTEIN YG TEPAT UNTUK CEPAT TURUN BERAT BADAN BERAT BEDAN

Saat sedang berusaha menurunkan berat badan dan membentuk tubuh, protein adalah nutrisi penting yang harus dikonsumsi dengan tepat. Nutrisi ini memang dianggap membantu Anda mengurangi berat badan sekaligus menjaga Anda merasa kenyang lebih lama. Tapi, untuk mendapatkan manfaat sumber protein secara optimal, jumlah asupan protein Anda harus tepat dan harus berasal dari sumber yang tepat pula.
Protein adalah zat pembangun tulang, otot, kulit, dan darah. Karena itu, tubuh membutuhkan protein dalam jumlah besar. Sayangnya, tidak seperti lemak dan karbohidrat yang bisa disimpan oleh tubuh, protein tidak memiliki cadangan di dalam tubuh. Karena itu, asupan protein harus selalu dijaga kecukupannya demi kesehatan Anda.
Tipe protein yang Anda makan memegang peranan penting dalam diet dan pola makan sehat Anda. Protein yang berasal dari daging yang telah diproses seperti sosis, hot dog, dll telah dihubungkan dengan meningkatnya risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Selain itu, jenis protein dari makanan tersebut tidak akan mempermudah usaha Anda untuk menurunkan berat badan. Karena itu, sumber protein yang disarankan di antaranya adalah:
  1. Ikan. Sumber protein ini tidak hanya kaya akan protein, tapi juga mengandung asam lemak Omega 3.
  2. Daging unggas. Lemak jenuh pada daging unggas bisa dikurangi bila Anda menghilangkan lemak daging unggas yang Anda sajikan.
  3. Kacang-kacangan. Selain protein, kacang-kacangan seperti kedelai juga sangat kaya serat yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama.
  4. Telur. Telur ukuran sedang mengandung 6,5 gram protein.
  5. Susu dan olahan susu rendah lemak. Protein dalam olahan susu seperti yoghurt rendah lemak membantu menjaga tekanan darah yang sehat. Selain itu, susu dan olahan susu juga kaya akan vitamin D.
Umumnya, bahan makanan sumber protein merupakan bahan makanan hewani. Bagi Anda yang menjalani pola makan vegetarian, nutrisi protein bisa Anda dapatkan dari kacang-kacangan, terutama dari kedelai. Selain itu, kacang-kacangan seperti kacang walnut, almond, dan pistachio membantu menurunkan risiko penyakit jantung bila dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar