Kamis, 20 Juni 2013

KEGEMUKAN atau OBESITAS

Kegemukan atau obesitas merupakan keadaan bertambahnya lemak tubuh yg menyebabkan kenaikan berat badan. Keadaan ini tentunya sangat berbeda dengan kelebihan berat badan karena penambahan masa otot atau tulang seperti yg terjadi pada Ade Rai atau Sylvester Stallone.
Kegwmukan dengan distribusi lemak pada perut dinamakan obesitas sentral atau abdominal (perut buncit). keadaan ini merupakan tanda atau gejala sindrom metabolik.
  • PENYWBAB KEGEMUKAN
1. Asupan kalori yg melebihi pengeluaran
 Hal ini dapat kita analogikan dengan tabungan, jika uang yg kita tabung lebih banyak dari yg kita ambil, maka tabungan kita tentu akan bertambah besar. Hanya sayangnya pada kegemukan barang yg kita tabung bukan uang, melainkan Gajih atau Lemak.
2. Faktor Genetik
Beberapa orang dengan faktor Thrifty Gen lebih mudah gemuk dari pada lainya. Kondisi ini disebabkan produksi leptin dalam sel lemak mereka sangat rendah, padahal leptin berfungsi menekan pertambahan sel lemak dan menekan nafsu makan yg berlebihan.
Pada orang yg diet ketat, produksi leptin juga dapat berkurang, keadaan ini menjelaskan mengapa setelah misalnya 3 sampai 6 bulan menjalankan diet ketat, penurunan berat badan kemudian terhenti. Keadaan yg dinamakan Plateau phase of weight ini terjadi karena penurunan sekresi leptin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar